Categories
Resep

Kreatif, Aji Berjualan Nasi Goreng Beserta Bumbunya

Mungkin tak pernah terbesit di benak kita sebelumnya, berbisnis nasi goreng dan bumbunya bakal meraup untung tak sedikit. Nyatanya, Purnomo Aji (40) berhasil mematahkan dugaan kita. Nasi goreng plus bumbu nasi goreng siap pakai yang dijualnya mampu merambah pasar tak hanya Jakarta, tetapi sampai ke Jawa Tengah.

Umumnya para penjual makanan catering diet di Jakarta , menjaga baik-baik racikan bumbunya. Menjual bumbunya, sama dengan “mengurangi” kelarisan nasi gorengnya. Tetapi lelaki asal Solo ini justru tidak takut.

Ia justru menyediakan bumbu nasi goreng siap pakai untuk pembelinya yang ingin membuat nasi goreng sendiri di rumah. Bahkan pemilik Nasi Goreng Mas Pur ini tak segan-segan mengajarkan cara meracik nasi goreng enak kepada setiap pelanggannya yang membeli bumbu kepadanya.

Boleh dibilang Purnomo percaya bahwa tiap produk punya pasar masingmasing. Buktinya meski bumbu nasi gorengnya laris-manis, pelanggan nasi gorengnya pun terus bertambah. Bumbu nasi goreng yang dijual Purnomo adalah jenis bumbu basah yang sudah matang.

Ia mengemasnya secara sederhana dalam dua ukuran. Bumbu seberat 50 gram (untuk 2 porsi nasi goreng) dikemasnya di dalam sachet. Sementara yang berukuran 200 gram (untuk 8 porsi) ditempatkan di dalam stoples.

Bumbu nasi goreng sachet dijual Rp 7 ribu sedangkan bumbu dalam stoples harganya Rp 27 ribu. Khusus bumbu nasi goreng anak, Purnomo menjualnya seharga Rp 30 ribu per stoples. “Saya tidak menjual bumbu nasi goreng khusus anak-anak dalam sachet,” imbuhnya kepada Web Soulofren.com.

Tak hanya satu varian bumbu yang dibuat Purnomo. Ia menyediakan tiga pilihan bumbu. Bumbu dasar yang pertama kali diciptakannya adalah bumbu cabai merah. Lalu dalam perkembangan usahanya ia juga mulai membuat bumbu nasi goreng dari cabai hijau.

Selain bumbu nasi goreng merah dan hijau, ia juga memiliki produk Bumbu Nasi Goreng Anak. Bumbu nasi goreng ini ia racik khusus dari cabai merah yang telah dibuang bijinya. Sehingga rasanya tidak pedas.

“Saya juga memakai jenis cabe merah besar yang memiliki rasa pedas tak menggigit,” jelas Purnomo. Bahan utama nasi goreng ini adalah garam, gula, dan terasi. Paduan ini, menurut Purnomo sudah menciptakan rasa nasi goreng yang harum dan gurih seperti yang ia Katakan kepada web Souljournal

“Semua bumbu fresh dibuat setiap hari, dan dijual segera setelah dikemas,” tegas Purnomo. Serius Garap Pasar Menyediakan bumbu nasi goreng agaknya membantu banyak pelanggannya yang ingin menyantap nasi goreng enak made in Nasi Goreng Mas Pur di pagi atau siang hari karena Purnomo baru mulai membuka kedai nasi gorengnya saat malam menjelang. Tetapi orang boleh membeli bumbu racikannya sepanjang hari. Meski menjual nasi goring merupakan produk utamanya, tetapi Purnomo tetap serius menggarap pasar bumbunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *